Larangan Potong Kuku Ketika Haid

Sahijab Banyak rumor mengatakan jika seorang wanita yang sedang haid atau menstruasi tidak diperbolehkan untuk memotong kuku dan rambut. Ini kerana haid itu merupakan hadas besar dalam erti kata lain.


Jangan Nikahi Wanita Yg Mempunyai Sifat Sifat Ini Habib Abdurrahman Assagaf Youtube

Dalil yang mendasari hal ini adalah.

Larangan potong kuku ketika haid. Sebab belum ada dalil yang menyatakan demikian. Shalat Puasa Thawaf Berdiam di masjid Melafadzkan al-Quran Menyentuh membawa mushaf Jima dan Diceraikan. Sebagaimana dalam hadis Nabi SAW bahwa orang yang berkurban dilarang untuk memotong rambut dan kuku terhitung saat memasuki tanggal 1 Zulhijjah.

Membahas masalah mengenai potong kuku atau rambut saat sedang haid memang tidak terdapat riwayat yang menuliskan jika memotong kuku pada saat haid dilarang. Sebagaimana hadis Nabi SAW orang yang berqurban dilarang untuk memotong rambut dan kuku terhitung saat memasuki tanggal 1 Zulhijjah. Tapi apakah anda mengetahui hukumnya.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Salah satu contoh ada larangan memotong kuku atau rambut saat haid tersebut. Wanita yang sedang haid tidak boleh melakukan shalat fardhu maupun sunnah puasa wajib maupun sunnah dan berhubungan badan.

Dari Abu Said Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda. Begitu pula hendaklah ia tidak memotong kuku-kukunya. Namun dalam teks-teks di atas sifat dari larangan tersebut berkisar pada hukum makruh tidak sampai haram.

Dari beberapa penjelasan ulama di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa memang ada ulama yang melarang memotong rambut dan kuku ketika haid. Hukum memotong kuku saat haid tidak dilarang namun ada beberapa hal yang dilarang dalam Islam dan itu adalah kebiasaan dan ibadah ummat muslim. Maka sebelum mandi kuku harus dipotong dan potongannya boleh dibuang ditempat sampah tanpa harus dicuci karena tidak diikutkan dalam shalat.

Berdasarkan keterangan ini kami berpendapat bahawa perbuatan mencukur dan memotong rambut atau memotong kuku sewaktu haid bukanlah haram. Jadi untuk larangan memotong kuku atau rambut saat haid adalah mitos. Tambahan lagi kenyataan Imam al-Ghazali itu jika dilihat konteks perbincangannya di dalam kitab al-Ihya lebih kepada situasi berjunub disebabkan jimak yang boleh dipendekkan waktu hadas besarnya.

Ada banyak mitos yang berseliweran saat perempuan memasuki waktu haid. Salah satunya adalah banyaknya yang pertanyaan terkait dengan memotong kuku saat haid baik ditinjau secara medis ataupun menurut aturan Islam. Jadi untuk larangan memotong kuku atau rambut saat haid adalah mitos.

Larangan Potong Rambut dan Kuku Bagi Shahibul Qurban. Pendapat Ahli Fiqih Mazhab SyafiiyahSedangkan menurut ahli fiqih Mazhab Syafiiyah den. Terlihat dari penggunaan istilah laa yanbaghi.

Dalam sebuah hadis Aisyah disebutkan jika pada saat Aisyah ikut haji bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan sesudah sampai di Mekkah beliau mengalami haid. Hadis ini menunjukkan bahwa rambut rontok atau potong kuku ketika haid hukumnya sama dengan kondisi suci. Namun Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak menyuruh Aisyah untuk menyimpan rambutnya yang rontok untuk dimandikan setelah suci haid.

Alasannya ketika seorang perempuan membuang bagian tubuh dalam kondisi hadas besar seperti junub haid atau nifas maka kelak di hari kiamat tubuh tersebut akan kembali. Adanya pemahaman yang beredar dimasyarakat bahwa dilarang hukumnya bagi wanita yang sedang haid untuk memotong kuku dan rambut. Beberapa orang selalu memotong kuku ataupun bercukur walaupun dalam keadaan haid.

Dikutip dari Nadhlatul Ulama NU Online saat mandi wajib seseorang harus membaca niat di awal basuhan. Antara kekeliruan ramai wanita hingga ke hari ini adalah berkaitan larangan memotong kuku rambut atau bercukur ketika haid atau nifas. Terdapat ramai wanita yang masih ragu-ragu akan hukum potong kuku ketika haid atau memotong bulu ari-ari ketika berhadas besar.

Berikutnya meratakan tubuh dengan air. Orang yang berniat berkeinginan berqurban ketika memasuki 1 Dzulhijjah hendaklah ia tidak mencukur rambut kepala wajah maupun badan. Hukum Potong Kuku Rambut Ketika Haid.

Artinya tidak ada kewajiban untuk memandikannya bersamaan dengan madsi haid. HR Muslim Namun hukum ini sendiri belum tentu berlaku bagi perempuan yang sedang haid. Alasannya adalah tidak lain karena wanita yang sedang dalam kondisi haid dianggap sedang tidak suci.

Saat mentahqiq kitab-kitab muktamad juga hampir tidak ada yang mencantumkan potong kuku dan rambut dalam daftar larangan selama haid. Larangan memotong kuku dan rambut kerap disamakan dengan orang yang berqurban. Setelah haid atau nifas selesai Mama diwajibkan melakukan mandi wajib.

Justru Ketika mandi suci semua bagian tubuh harus tersiram air secara merata termasuk pangkal rambut dan kuku. Sebab larangan bagi wanita haid menurut mayoritas ulama hanya 8 hal saja yakni. Dulu kita selalu dengar orang kata kena tunggu suci dulu baru boleh potong kuku atau rambut.

6 Perkara Haram Ketika Haid Pada Perempuan Muslim Dalam Islam Larangan ketika haid dalam Islam di kira sebagai perkara yang haram dilakukan. Ini Penjelasan Mufti WP Ini Penjelasan Mufti WP Antara kekeliruan ramai wanita hingga ke hari ini adalah berkaitan larangan memotong kuku rambut atau bercukur ketika haid atau nifas. Adakah larangan memotong kuku ketika haid Ustadz Khalid Basalamah1.

Justru Ketika mandi suci semua bagian tubuh harus tersiram air secara merata termasuk pangkal rambut dan kuku. Namun persoalan wanita yang sedang haid nifas atau junub tidak ditemui satupun pendapat ulama yang. Alasan orang yang melarangnya adalah sebab saat haid seorang perempuan disebut sedang tidak suci sehingga seluruh anggota.

Namun faktanya adalah kedua hal tersebut diperbolehkan dalam ajaran Agama Islam. Para ulama sepakat bahwa diharamkan shalat bagi wanita haid dan nifas baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Maka sebelum mandi kuku harus dipotong dan potongannya boleh dibuang ditempat sampah tanpa harus dicuci karena tidak diikutkan dalam shalat.

Tapi apakah anda mengetahui hukumnya. Dalam konteks ini adalah baik dari segi haid nifas atau junub. Berikut kami lampirkan penerangan oleh Mufti Wilayah Persekutuan menerusi Al-Kafi 607.

Anjuran tadi disunnahkan hingga hewan qurban disembelih. Bagi perempuan muslimah perkara datang bulan atau saat mengalami haid menjadi problema tersendiri. Haram ketika haid merupakan perkara-perkara yang tidak boleh dilakukan pada mana-mana wanita muslim ketika di dalam keadaan datang bulan.

Dan mereka pun sepakat bahwa wanita haid tidak memiliki kewajiban shalat dan tidak perlu mengqodho atau menggantinya ketika ia suci. Tidak adanya dalil yang jelas menyebutkan larangan potong kuku atau rambut saat haid membuat aktivitas ini diyakini masih boleh dilakukan. Keraguan ini boleh menjurus sehingga wanita lebih rela menyimpan kuku yang panjang atas alasan haram jika memotong kuku ketika haid.


Cewehijrah Agama


Pin On Musleem


Pin Di Harakah Islamiyah


LihatTutupKomentar