Larangan Ekspor Benih Lobster

REPUBLIKACOID JAKARTA -- Komitmen Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP melarang ekspor benih lobster atau benur perlu segera dituangkan dalam bentuk regulasi tertulis. Susi Pudjiastuti menyebutkan kebijakan ekspor benih lobster merupakan hal yang aneh karena hanya Indonesia saja yang mengizinkan ekspor benih lobster.


Ekspor Benih Lobster Dilarang Ini Prosedur Barunya Halaman All Kompas Com

Kementerian Kelautan dan Perikanan resmi membolehkan ekspor benih lobster.

Larangan ekspor benih lobster. Perdebatan mengenai ekspor benih lobster makin ramai. Kewenangan melarang ekspor ikan termasuk benih lobster yang dikategorikan juga sebagai ikan sebelumnya memang menjadi kewenangan Menteri KP berdasarkan Pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan. Kemudian di 2018 ekspor lobster naik jadi US 2615 juta.

Setahun kemudian Permen direvisi dengan menambahkan larangan ekspor indukan yang sedang bertelur melalui Permen 562016. Establishement of Minister of Marine Affairs and Fisheries Regulation PERMEN KP No. Sementara Menteri Edhy menilai larangan yang dibuat oleh Susi hanya membuat maraknya.

Kondisi yang sama juga terjadi saat larangan ekspor benih lobster dicabut. Sehingga pembatasan penangkapan lobster dipercaya dapat menjaga ketersediaan sumberdaya ini di wilayah perairan Indonesia. Kini justru ekspor benih lobster.

Dengan kata lain ekspor benih lobster bisa saja diizinkan kembali. Sebelumnya izin ekspor benih lobster ini sempat menjadi polemik. Pascaterbit Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Permen KP Nomor 56 Tahun 2016 tentang.

Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP resmi melarang ekspor benih bening lobster menyusul terbitnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Permen KP Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Permen KP No12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster Panulirus spp Kepiting Scylla spp dan Rajungan Portunus spp di Wilayah NKRI. Stok lobster di perairan Indonesia sebagian besar sudah alami eksploitasi berlebihan. Namun kini mereka mencoba bangkit kembali pada saat ini dengan pemerintahan yang baru.

Lobster yang bernilai ekonomi tinggi tidak boleh punah hanya karena ketamakan kita. Benur sudah pasti saya akan melarang ekspor benih. HS 03063120 mencapai US 16 juta.

Larangan ekspor benih lobster ini karena pemerintah ingin betul-betul menggalakkan budi daya lobster guna meningkatkan ekspor lobster untuk ukuran konsumsi. Menurut Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Safri Burhanuddin larangan ini sifatnya moratorium alias sementara. Implementasi Kebijakan terkait Larangan Ekspor Benih Bening Lobster di Indonesia menurut PermenKP Nomor 12015 yang Dicabut Dengan PermenKP No.

Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP mencatat kegiatan ekspor ilegal masih terjadi meski mengklaim trennya sudah menurun. Menurutnya pencabutan larangan ekspor benih lobster akan merugikan Indonesia karena ketika ekspor benih lobster dibuka maka laut Indonesia akan tereksploitasi dan kembali hancur. Ekspor Benih Lobster Tak Dapat Izin Aturan Larangan Dibuat.

Menteri Susi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta Sabtu 2422018 menyatakan larangan. 1 2015 had implications on the capture prohibition of lobster seeds in Indonesia. Sayangnya ekspor ilegal ini sulit diberantas karena dari level petani masih tergiur dengan uang cepat dari penjualan benih lobster.

JAKARTA Pemberlakuan aturan larangan ekspor benih lobster tidak serta-merta menghilangkan upaya penyelundupan. Ia menyadari ada sindikat mafia yang melihat keuntungan besar. Komoditas laut tersebut hanya boleh dibudidayakan hingga ukuran konsumsi baru kemudian bisa diekspor.

Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP mencabut larangan ekspor benih lobster. Dalam kesempatan itu Susi Pudjiastuti menyatakan larangan ekspor benih lobster ketika dia menjabat Menteri KKP dilandasi pertimbangan belum adanya teknologi untuk budidaya lobster serta keberlanjutan sumberdaya. Benih lobster harus dibudidayakan terlebih dulu setelah itu baru diekspor ketika sudah ideal dikonsumsi.

Tujuan pemerintah menerbitkan permen tersebut bukanlah melarang penangkapan benih lobster. Tuan Hasyim Mohon Info. 562016 dan Kebijakan terkait Penghapusan Larangan.

Hal itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Permen KP Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster Kepiting dan Rajungan yang ditandatangani Menteri KKP Edhy Prabowo pada 4 Mei 2020. Larangan Menteri Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan KKP Sakti Wahyu Trenggono menegaskan akan melarang ekspor benih bening lobster BBL atau benur. Susi Pudjiastuti meminta Hashim Djojohadikusumo menjelaskan pernyataannya mengenai larangan ekspor yang merugikan nelayan.

Tepatkah beleid ini diberlakukan dan bermanfaatkah bagi nelayan maupun penerimaan negara. Benur ilegal itu rencananya akan dikirim dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Singapura melalui kargo pesawat Garuda Indonesia Dok. Fenomena kebijakan ekspor benih lobster juga menunjukkan adanya indikasi oligarki yang kemungkinan selama masa pemerintahan sebelumnya.

Larangan Ekspor Benih Lobster Disebut Rugikan Nelayan Susi. Larangan penangkapan dan ekspor benih lobster ini mengakibatkan ribuan nelayan kehilangan mata pencarian dan negara kehilangan potensi ekonomi termasuk dari ekspor hingga ratusan triliun rupiah setiap tahun7 Lobster Panulirus sp atau udang karang merupakan salah satu komoditas ekspor dari. Dengan aturan larangan larangan maka selama masa kepemimpinan Susi ekspor benih lobster tercatat nol 0.

Aturan pelarangan ekspor benih lobster sebenarnya sudah diberlakukan sejak Januari 2015 melalui Peraturan Menteri Permen Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2015. Putusan untuk membatasi pengambilan benih lobster bertujuan agar untuk menjaga plasma nutfah Indonesia spesies lobster yang punya nilai ekonomi tinggi harus dijaga keberlanjutan jenisnya karena lobster dewasa lebih mahal daripada benih lobster. Ia menambahkan bahwa harga benih lobster sangat murah sehingga memotong pekerjaan dan pendapatan nelayan lokal.

Pada 2017 ekspor lobster jenis Panulirus spp. Oligarki sebelumnya berusaha untuk ditenggelamkan melalui pelarangan ekspor benur. Antam mengatakan harga lobster terus naik mencapai US 7 dollar per ekor untuk jenis terbaiknya.

Pengembangan budidayaPulau Lombok ABSTRACT Indonesia is main exporter of spiny lobster seeds to lobster-producer countries in the world.


Ekspor Benih Lobster Dilarang Susi Dibolehkan Edhy Disetop Trenggono


Dasar Hukum Yang Membatasi Ekspor Benih Lobster Klinik Hukumonline


Larangan Ekspor Benih Lobster Dibuka Emang Berapa Nilainya


LihatTutupKomentar